kata-bijak-einstein-4

Dimana ada cinta, di situ tidak ada pemaksaan. (Salah satu kata kata bijak dari Albert Einstein, yang membicarakan tentang cinta).

Ini benar sekali. Dalam cinta seharusnya tidak ada unsur pemaksaan. Jika ada unsur pemaksaan, maka itu bukanlah cinta. Jadi, bagi siapapun yang merasa bahwa pasangan mereka terlalu memaksakan sesuatu kepada mereka, sadarlah bahwa itu bukan cinta.

Sebenarnya kata kata bijak ini dapat diinterpretasikan dari berbagai sudut yang berbeda. Menurut saya, kalimat ini bukan hanya membicarakan tentang cinta antar manusia, tapi juga kecintaan terhadap sesuatu, contohnya pekerjaan. Jika kita mencintai pekerjaan kita, kita akan bekerja dengan sungguh-sungguh, dan semua kita kerjakan tanpa merasa terpaksa. Sudut pandang yang sama juga dapat diterapkan dalam hal cinta antar manusia. Jika kita benar-benar mencintai seseorang, kita tidak akan pernah merasa terpaksa untuk bersamanya, dan menjalani segala sesuatu dengan ringan, tanpa merasa terbebani.

Rangkaian kata dari Einstein ini membicarakan hal yang hampir sama dengan kata bijak dari Oprah Winfrey yang berbunyi “Don’t Settle for a Relationship That Won’t Let You Be Yourself.” Hanya saja, kalimat dari Oprah Winfrey jauh lebih tegas, karena menyarankan supaya hubungan yang membuat tidak nyaman karena membuat kita terpaksa dan tidak bisa menjadi diri kita sendiri, sebaiknya jangan dijalani. Atau intinya, daripada merasa terpaksa, lebih baik jangan dijalani.

*****

Kembali ke halaman utama kumpulan kata bijak.

Di Mana Ada Cinta, Di Situ Tidak Ada Pemaksaan
Tagged on: