belajar-sukses-chairul-tanjung

Pernah mendengar nama CT? Itu adalah singkatan sebuah nama salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes. Chairul Tanjung atau yang sering disingkat CT sering terdengar di seantero Indonesia, bahkan dunia. Kenyataannya, Forbes menobatkannya masuk dalam daftar orang terkaya di urutan 937 dunia dengan total kekayaannya US $ 1 miliar. (Hitung saja sendiri jika mau dirupiahkan ya, admin pusing ngitungnya. Hehehe).

Tentu dari kisah sederetan orang sukses – kaya – ada banyak peristiwa yang menyertainya. Ada yang dari keluarga miskin, penuh hutang lalu dia bisa jadi sukses. Namun, namanya juga mau jadi orang sukses, pasti dibutuhkan strategi, segudang pembelajaran serta motivasi tingkat dewa ya.

Nah, tertarik dengan kisah sukses ala Chairul Tanjung? Simak nih ceritanya.

Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962 di tengah keluarga orang yang cukup berada. Ayahnya adalah seorang wartawan orde lama di sebuah surat kabar. Namun, pada saat orde baru surat kabar tersebut ditutup paksa karena adanya perbedaan pandangan politis. Maka, saat itu seluruh keluarganya harus berdesakan mengontrak sepetak kamar sempit.

Dengan kondisi tersebut, Chairul muda tidak menyerah. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, ia melanjutkan ke perguruan tinggi. Ia masuk ke fakultas kedokteran gigi Universitas Indonesia. Saat kuliah inilah ide bisnisnya muncul. Ia berjualan buku, kaos, photo copy dan peralatan kedokteran untuk membiayainya kuliah. Usahanya yang terakhir ini sempat bangkrut. Ternyata, bisnis yang ia jalankan selama kuliah tidak menganggu aktivitas kuliahnya sama sekali. Bahkan, ia dinobatkan menjadi mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985. (Duh, mimin jadi ikut kesindir nih. Sebab mimin dinobatkan jadi mahasiswa purba yang sebentar lagi jadi fosil. Hehehe). Oke, lanjuttt.

Sepak terjang bisnis Chairul muda tak hanya sampai di situ. Bersama tiga orang rekannya, ia memeroleh dana pinjaman dari Bank Exim sebesar 150 juta rupiah untuk mendirikan usaha pembuatan sepatu anak-anak yang dieskpor. Namun, karena perbedaan visi berbisnis, maka ia pun memutuskan untuk keluar dari bisnis yang dibangun bersama ketiga rekannya tersebut dan mendirikan bisnisnya sendiri.

Dalam keadaan seperti ini, ia mengembangkan tiga inti usaha, yaitu; multimedia, keuangan dan properti. Nah, jika kamu akrab dengan televisi, maka nama Trans TV, Trans 7, Trans Studio…maka kamu sedang menikmati acara televisi milik pak Chairul Tanjung alias CT ini gaes. Jika kamu rajin menabung di bank, dan salah satu bank mu adalah bank Mega serta jajaran sejumlah bisnis keuangan lain di bawah jaringan Para Group, maka kamu juga sedang menggunakan bisnis yang dibangun CT ini. Di bidang properti, Para Group ini juga membangun segenap bisnis lain seperti mall, hotel, kawasan wisata. Bahkan, baru-baru ini Chairul Tanjung memiliki saham di jaringan Carrefour. Wah, pokoknya banyak sekali deh usaha yang dijalankan bapak satu ini.

Lalu, rahasianya apa ya kok bisa sampai sesukses itu? Dari data berbagai sumber yang admin himpun nih, Chairul Tanjung membangun bisnis konglomerasi. Membangun berbagai macam bisnis namun masih ada hubungan satu dengan lainnya. Nah, kepiawaian inilah yang menjadi kunci sukses Chairul Tanjung gaes. Selain itu, ia memiliki motivasi tinggi untuk terus maju dan pantang menyerah meski pernah mengalami kebangkrutan dalam usaha.

Jadi, kamu yang pernah mengalami kegagalan dalam usaha, jangan patah semangat ya. Bangkit dan terus maju, cari celah dan keunikan dari usaha yang kamu bangun itu. Siapa tahu, di tengah perjalanan nanti, kamu akan menemukan inspirasi dan strategi yang tepat dalam menjalankan usahamu. Ayo semangat dan terus motivasi dengan kata-kata bijak gaes. CAYOO.

*****

Kembali ke halaman daftar Cerita Motivasi.

Belajar Sukses Dengan Membangun Jaringan Ala Chairul Tanjung