apabila-didewakan-uang-akan-mengganggu-seperti-setan

Apabila didewakan uang akan mengganggu seperti setan. (Kata bijak dari Henry Fielding).

Ini adalah kata bijak yang sangat menarik, karena membahas tentang uang, satu hal yang hampir semua orang membutuhkan. Tapi apakah benar uang bisa menghantui jika kita dewakan? Tentu saja itu semua terserah diri kita sendiri. Uang itu sendiri hanyalah benda yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Tapi kalau kita terus-menerus memikirkannya, dan menghubungkan apa saja dalam kehidupan kita sehari-hari dengan uang, kita akan dihantui olehnya. Walaupun, sebenarnya yang menghantui kita adalah pikiran kita sendiri, dan bukan uang.

Memang kita harus mengakui bahwa tidak mudah untuk tidak terlalu memikirkan uang, kecuali kalau kita memang sudah menjadi orang yang sangat kaya. Tapi, walaupun kita sangat membutuhkannya, sebaiknya kita jangan sampai mendewakannya. Banyak orang yang mendewakan uang, dan akhirnya mengambil jalan pintas dan berbuat kriminal.

Satu hal yang perlu kita ingat, jika kita mengamati cerita-cerita tentang kesuksesan orang, banyak dari mereka yang pada awalnya bahkan tidak memikirkan uang. Bahkan sampai ada kata bijak dalam bahasa Inggris yang berbunyi: “Do What You Love, the Money Will Follow.” Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih menjadi: “Lakukan apa yang kamu sukai, dan uang akan mengikuti.” Jadi jika saat ini anda mempunyai sebuah hobi, lakukan terus dan dalami hobi itu, siapa tahu money will follow.

Profil Henry Fielding

Dia adalah seorang novelis berkebangsaan Inggris yang lahir pada bulan April 1707 dan meninggal pada bulan Oktober 1754.

*****

Kembali ke halaman depan KataBijak.ID.

Apabila Didewakan Uang Akan Mengganggu Seperti Setan
Tagged on: