i-walk-slowly-but

Aku berjalan dengan lambat, tapi aku tidak pernah berjalan mundur. (Kata bijak dari Abraham Lincoln). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : I walk slowly, but I never walk backward.

Sekilas rangkaian kata bijak ini terlihat sederhana. Tapi, makna yang dikandungnya cukup mendalam. Inti dari kata kata bijak ini adalah, tidak apa-apa jika kita menjalani segala sesuatu dengan lambat. Yang penting, kita terus melangkah ke depan, dan tidak pernah mundur. Mungkin inti dari susunan kata ini mirip dengan pepatah Jawa yang berbunyi alon alon waton kelakon (biar lambat asal terlaksana). Walaupun memang, di jaman yang serba moderen dan serba cepat ini, banyak orang yang kemudian mencemooh pepatah ini karena dianggap sudah tidak sesuai dengan kondisi. Menurut mereka, ini justru menghambat kemajuan karena segala hal dilaksanakan dengan alon alon (pelan-pelan).

Yang dimaksud oleh Abraham Lincoln dalam rangkaian kata bijak ini bukanlah anjuran melakukan segala hal dengan klemar klemer atau lelet. Rangkaian kata ini menganjurkan supaya kita melakukan segala hal dengan hati-hati, dan dengan didasari oleh perencanaan yang matang. Sehingga walaupun kesannya lambat, tapi target yang ingin dicapai pasti dapat tercapai. Ini tentunya jauh lebih baik daripada melakukan segala hal dengan cepat, tapi serampangan, yang justru dapat berujung pada kegagalan.

*****

Kembali ke halaman utama Kata Bijak.

Aku Berjalan Dengan Lambat, Tapi Aku Tidak Pernah Berjalan Mundur
Tagged on: